Remain alone and practise the dharma ~ Dzongsar Khyentse Rinpoche

0
111

Remain alone and practise the dharma ~ Dzongsar Khyentse Rinpoche

These days, though, just to find the time to be entirely alone to practise can be extremely problematic, especially for those with families, and so to organise the ideal place would be an unimaginable luxury. So keep it simple and do your best to be completely alone for an hour or two every day.

As Jigme Lingpa said, the greatest merit of all is to be able to remain alone and do nothing but practise the dharma; even an offering of the entire world and everything in it would not be enough to merit the chance of practising in isolation. He also said it is only possible to see the flaws of samsara and the benefits of nirvana in solitude. So pray from the bottom of your heart that one day you will encounter such an opportunity.
Another very good reason for remaining alone is that it is so rare to meet unbiased people who compliment the dharma and harbour no envy.

from the book Not for Happiness: A Guide to the So-Called Preliminary Practices

Tinggal sendirian dan praktek dharma ~ Dzongsar Khyentse Rinpoche

Akhir-akhir ini, Menemukan waktu untuk sepenuhnya sendirian dan praktek Dharma bisa sangat problematik, terutama bagi mereka yang memiliki keluarga, dan untuk mengatur tempat yang ideal akan menjadi sebuah kemewahan yang tak terbayangkan. Jadi lakukan secara sederhana dan yang terbaik untuk menjadi benar-benar sendirian selama satu atau dua jam setiap hari.

Seperti yang dikatakan Jigme Lingpa, kelebihan terbesar dari semua ini adalah untuk dapat tetap tinggal sendirian dan tidak melakukan apa-apa selain praktek dharma; Bahkan mempersembahkan seluruh dunia dan segala isinya tidak akan cukup untuk mendapat kesempatan berlatih di tempat yang terpencil. Beliau juga mengatakan bahwa kita mungkin bisa melihat kekurangan samsara dan manfaat dari nirwana dalam kesendirian. Jadi berdoalah dari lubuk hatimu bahwa suatu hari nanti kamu akan menemukan kesempatan seperti itu.
Alasan lain yang sangat bagus untuk tetap tinggal sendiri adalah bahwa sangatlah jarang bagi kita untuk bisa bertemu dengan orang-orang yang memuji dharma secara tulus dan yang tidak memiliki rasa iri.

Dari buku Not for Happiness: Panduan untuk Praktik Awal yang Dipanggil