Sanubari Teduh – Tiga Kebocoran Bagian 2

0
124
Master Chen Yen

Sanubari Teduh – Tiga Kebocoran Bagian 2

Master Chen Yen

Saudara se-Dharma sekalian,  siapakah didunia ini yang tidak memiliki noda batin ? Setiap orang di dunia memiliki noda batin. Berapa lama nod batin ini bertahan ? Selama sehari ? Selama sebulan ? Setahun ? Ataukah seumur hidup ? Jika sehari saja noda batin timbul dalam pikiran kita, maka begitu noda batin itu terwujud ke ddalam perbuatan, maka pasti akan ada akibatnya. Buah akibat ini juga akan menjadi sebab baru dan menciptakan siklus tanpa akhir. Jadi, begitu menanam benih sebab, jika kita tidak menyadarainya, maka dari kehidupan ke kehidupan, satu benih itu menjadi tak terhingga karena dari satu benih sebab ini, mungkin tercipta berbagai kondisi. Ketika sebab dan kondisi bertemu, maka akibat akan berbuah. Intinya,  meski kita berkata, Noda batin saya hanya bangkit sekali saja.” Sesungguhnya ketika noda batin timbul, kita harus segera waspada dan berusaha melenyapkannya. Sekali noda batin muncul kita akan menciptakan karma. Benih ini suatu saat pasti berbuah.

Jadi, noda batin timbul dari kegelapana batin. Kita harus mengetahui bahwa tiada yang sempurna dalam kehidupan ini. Kita sudah membahas sebelumnya bahwa dari 10 masalah di dunia, 8 sampai 9 diantaranya tak sesuai harapan. Tiada yang sempurna di dunia ini. Syair pertobatan berbunyi “ Adakalanya menciptakan segala  karma buruk akibat Tiga Kebocoran. Istilah kebocoran berkaitan dengan noda batin. Banyak hal di dunia ini tidak lengkap dan kurang sempurna. Kebocoran berarti ketidaksempurnaan. Apa yang tidak sempurna ? Kebijaksanaan kita tidak sempurna. Jika memiliki kebijaksanaan, kita tidak akan memiliki noda batin. Akan tetapi hal-hal yang baik lebih jarang kita ambil dan terapkan.

Setelah mendengar pembabaran sutra, sering kali kita cepat melupakannya. Mendengar pembabaran sutra dapat menumbuhkan kebijaksaan kita. Akan tetapi ajaran ini sering lewat begitu saja. Sebaliknya saat mendengar gosip kita bisa selalu mengingatnya tak peduli itu berkaitan dengan kita atau tidak. Begitu kita mendengar gosip mengenai diri kita, kita aakan membenci atau dendam. Kita ingin membuat perhitungan, inilah noda batin.

Tiga Kebocoran:
1.    Kebocoran Nafsu Keinginan
2.    Kebocoran Eksistensi
3.    Kebocoran Kegelapan Batin

Ketidakpuasan batin dan nafsu keinginan tanpa batas melahirkan banyak noda batin inilah kebocoran Nafsu Keinginan.
Di Alam Rupa akibat kurangnya kebijaksanaan, mengejar keinginan sehingga menciptakan karma buruk dan menderita serta mempertebal noda batin akibat perbuatan yang berwujud . Inilah kebocoran eksistensi

Noda batin berasal dari kegelapan batin. Jika benih keburukan ini terus berkembang buah penderitaan akan berlipat ganda. Jika dapat melenyapkan noda batin dengan kebijaksanaan serta menananm benih kebajikan di dalam batin, maka saat benih kebajikan ini bertumbuh, cinta kasih dan perbuatan bajik pun akan berkembang tanpa henti.

Di Tiga alam, segala kegelapan dan noda batin yang timbul disebut Kebocoran Kegelapan Batin.
Batin ditutupi selapis demi selapis kegelapan sehingga noda batin terus bertambah, inilah kebocoran kegelapan batin.

Dunia ini memang penuh penderitaan. Saat berada dalam kondisi tidak menguntungkan fisik dan batin kembali menciptakan benih sebab kesengsaraan dan penderitaan pun semakin bertambah inilah yang d sebut Derita Sengsara.

Hidup di dunia ini, apakah “Derita Sengsara”  dapat kita rasakan ? Mengetahui adanya penderitaan kita harus cari cara mencegahnya.  Noda batin berbeda dari kekhawatiran. Kekhawatiran adalah hal lumrah. Setelah tahu semuanya baik-baik saja kekhawatiran ini akan hilang atau jika sesuatu memang terjadi kita mungkin merasa menderita, namun setelah ini berlalu, semua kembali seperti biasa. Kekhawatiran ini akan segera berlalu. Sedangkan nod batin terus ada dari kehidupan ke kehidupan. Benih penderitaan ini terus mengikuti kita. Jadi, noda dan kegelapan batin adalah benih penderitaan yang sesungguhnya. Jika hanya di landa kekhawatiran sesaat berarti kita tengah melenyapkan karma buruk. Dalam kehidupan, semua hanyalah perasaan yang bergantung pada pola pikir kita. Jadi harap semua selalu bersungguh-sungguh hati.

Demikianlah diintisarikan dari Sanubari Teduh – Tiga Kebocoran Bagian 2 (092)

Sanubari Teduh : Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA : Setiap Minggu 05.30 WIB ; Tayang ulang: Sabtu 05.30 WIB
Channel  Jakarta 59 UHF, Medan 49 UHF
TV Online : https://www.mivo.com/#/live/daaitv

GATHA PELIMPAHAN JASA
Semoga mengikis habis Tiga Rintangan
Semoga memperoleh kebijaksanaan dan memahami kebenaran
Semoga seluruh rintangan lenyap adanya
Dari kehidupan ke kehidupan senantiasa berjalan di Jalan Bodhisattva